Tuesday, July 28, 2009

BAB. I Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Dynamometer adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur torsi poros out-put suatu pengerak mula, besaran ini digunakan untuk menentukan daya yang bisa dihasilkan oleh penggerak mula tersebut.

Banyak jenis dynamometer yang ada saat ini, diantaranya dynamometer elektrostatik, dynamometer Eddy Current, dynamometer transmisi, dynamometer transmisi sabuk, dynamometer brake dan lain sebagainya.

Harga satu unit dynamometer yang ada di pasaran mempunyai harga yang relatif mahal dan jenis yang terbatas, akan tetapi mempunyai kemampuan pengukuran yang tinggi. Jenis yang banyak beredar di pasaran biasanya jenis dynamometer elektrostatik dan dynamometer Eddy Current.

Kemungkinan dalam pembuatan dinamometer yang sederhana, murah dan mudah tanpa menghilangkan aspek teknologi dengan jalan menggunakan komponen-komponen kendaraan.

1.2 Tujuan

Merancang dan membuat brake dynamometer sebagai alternatif dynamometer yang ada di pasaran yang harganya relatif cukup mahal.

Merancang dan membuat brake dynamometer dengan menerapkan sistem rem roda depan dari kendaraan, yaitu jenis rem cakram. Pemilihan jenis rem ini karena rem cakram mempunyai kelebihan di banding dengan rem tromol, diantaranya mempunyai daya cengkram yang baik untuk dimensi keseluruhan yang sama dan sistem pendinginan yang baik.

Merancang dan membuat brake dynamometer untuk mengukur torsi dari poros out-put suatu penggerak mula dimana besaran ini digunakan untuk menentukan daya maksimum yang bisa dihasilkan oleh penggerak mula tersebut.


1.3 Batasan Masalah

Perancangan ini merupakan langkah awal dalam pembuatan sebuah brake dynamometer, yang dirancang sesederhana mungkin tanpa menutup kemungkinan untuk dikembangkan.

Digunakan pendinginan alami untuk mendinginkan brake dynamometer selama pemakaian tanpa dibantu dengan alat pendingin yang lain.

Pembatasan pengukuran untuk mesin dengan kapasitas silinder 1500 cc atau daya dan torsi maksimum yang dihasilkan 53 kW dan 12.2 kg m

Pehitungan komponen utama dalam perancangan brake dynamometer ini hanya ditinjau dari segi mekanika teknik, guna menentukan kekuatan material komponen untuk diterapkan pada perancangan ini.

Proses pemesinan dilakukan pada komponen yang dianggap perlu, pembuatan rangka dan perakitan dilakukan di sebuah bengkel yang mempunyai peralatan terbatas.

Semua batasan-batasan ini dilakukan untuk menghemat biaya, waktu produksi dan tenaga, disamping itu karena keterbatasan sarana untuk merancang secara lengkap dan detail satu unit brake dynamometer tipe cakram.


I.4 Ruang Lingkup

Ruang lingkup makalah tugas akhir ini meliputi perancangan dan pembuatan brake dynamometer tipe cakram dengan menggunakan sistem rem pada kendaraan. Setelah perancangan dan pembuatan brake dynamometer selesai kemudian dilanjutkan pengujian dengan mesin uji untuk menentukan prestasi brake dynamometer tersebut.


1.5 Sistematika Pembahasan

Sistematika pembahasan tugas akhir ini dibuat sedemikian rupa supaya saling berkesinambungan, mudah diikuti dan dimengerti.

Bab I atau Pendahuluan, yang berisi latar belakang pengambilan judul dari makalah, tujuan yang ingin dicapai, pembatasan dalam perancangan, ruang lingkup dan sitematika pembahasan.

Bab II yang berisi teori-teori dasar yang relevan dengan perancangan brake dynamometer ini serta teori tentang penggerak mula yang akan menguji brake dinamometer ini yaitu teori penggerak mula motor bakar torak. Kemudian dilanjutkan dengan Bab III yaitu pemilihan dan perhitungan komponen-komponen utama serta langkah-langkah pemesinan yang harus dilakukan pada beberapa komponen agar sesuai dengan keperluan.

Bab IV, yaitu prosedur langkah-langkah perakitan dan pengujian alat dynamometer brake yang yang dilanjutkan dengan analisis hasil pengujian , yaitu Bab V.

Pada bab VI laporan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi satu unit brake dinamometer. Laporan ini ditutup dengan bab VII yaitu kesimpulan dari hasil perancangan dan pengujian brake dynamometer serta saran-saran yang bisa diterapkan untuk pengembangan brake dynamometer ini.

1 comment:

atsenk punya blog said...

bang,brake dynamometer ini sudah ada atau sudah jadi belum ya?,,kok gambaran rancangannya gag ada?,,saya kebetulan ingin membuat skripsi tentang ini,dan ingin mencari referensi..